Jumat, 05 Juni 2009

KPU DAN LIMA TV SWASTA SEPAKATI JADUAL DEBAT CAPRES/CAWAPRES

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pertemuan tertutup dengan sejumlah pimpinan televisi swasta untuk membahas kesepakatan dalam pelaksanaan debat capres/cawapres Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 8 Juli 2009.

Dalam pertemuan tertutup yang dipimpin oleh anggota KPU I Gusti Putu Artha tersebut, KPU menjelaskan tentang pembagian tema debat yang akan dilaksanakan sebanyak lima kali dengan ketentuan tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres.

KPU, kata Putu usai pertemuan di kantor KPU, Jakarta, Kamis (4/6),

telah menjadualkan pelaksanaannya pada 18 Juni, 25 Juni dan 2 Juli untuk debat capres dan 23 Juni dan 30 Juni untuk debat cawapres.

Sementara itu kelima stasiun televisi yang memperoleh kesempatan menjadi tuan rumah pelaksanaan debat capres/cawapres tersebut adalah TV 7, SCTV, Metro TV, TV One, dan RCTI.

TV 7 menjadi tuan rumah debat capres pertama pada 18 Juni,

SCTV untuk debat cawapres pertama pada 23 Juni, Metro TV untuk debat capres pada 25 Juni, TV One untuk debat cawapres pada 30 juni dan RCTI untuk debat capres pada 2 Juli.

Tema debat capres pada 18 Juni (TV 7) adalah Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih serta Menegakkan Supremasi Hukum. Debat dipandu Anies Baswedan.

Debat capres kedua pada 25 Juni 2009 di Metro TVU dipandu pengamat ekonomi Aviliani dengan tema Mengentaskan Kemiskinan dan Pengangguran, kemudian

debat capres ketiga pada 2 Juli 2009 (RCTI) dipandu Dekan Fisip UGM Pratikno dengan tema NKRI, Demokrasi dan Otonomi Daerah.

Sementara itu untuk debat cawapres dilaksanakan pada 23 Juni di SCTV dengan tema Pembangunan Jati Diri Bangsa dengan moderator Rektor UIN Syarif Hidayatullah Komaruddin Hidayat.

Debat cawapres kedua pada 30 Juni di TV One dengan tema Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia dengan moderator Ketua Umum IDI Fahmi Idris.

Format debat disepakati dengan pemaparan visi, misi dan program kandidat selama 7-10 menit, dilanjutkan pertanyaan pendalaman oleh moderator dan jawaban kandidat selama 30 menit, lalu pertanyaan dan jawaban antar-kandidat selama 30 menit.

“Alokasi waktu debat selama 2×60 menit dengan konten debat 90 menit,” kata Putu.

�Kelima stasiun televisi yang menjadi tuan rumah pelaksanaan debat sepakat untuk menayangkan debat capres/cawapres secara langsung,� katanya.

depkominfo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar